step by step..

another side of me..

Membolang ke Pulau Tidung


Long weekend emang yang paling ditunggu-tunggu. Saya dan suami sebenarnya belum punya rencana fix mau mengisi liburan kemana. Biasanya kami ke Bandung. Tapi kami lagi ingin berpetualang berdua ke tempat baru. Suami lagi ingin liat pantai, saya juga ingin merilekskan pikiran liat panorama hijau dan biru (katanya warna hijau itu menenangkan lho! Mangkanya kalau stres, banyak-banyak liat yang berwarna hijau).

Kamis malem kami belum ada ide mau kemana, hehe.. udah ada bayangan pengen ke Pulau Seribu, tapi kami buta arah, ga pengalaman, dan udah sangat terlambat untuk mesen ke agen travel wisata, biasanya agen menampung pesanan minimal seminggu sebelumnya-lah.

Jumat subuh kami mulai memutar otak dan googling sana-sini, thanks to Google we can do quick search and research, kami ngeliat pemberangkatan kapal ke Pulau Seribu, rute perjalanan ke pelabuhan, penginapan, dll. Akhirnyaaa.. dengan bermodalkan nekat kami siap berangkat! Ini juga sih serunya, tanpa itinerary dan tanpa gambaran, hehe.. tantangan bo!

Buat yang mau jalan-jalan ke Pulau Seribu, khususnya Pulau Tidung, sebenarnya ga perlu takut kalo mo membolang sendiri, tanpa travel agen, karena sebenernya kita bisa cari-cari jalan sendiri dan lebih bebas mengatur perjalanan kita. Ongkos ke sana pun sebenarnya ga terlalu mahal kok.

Jadi begini perjalanan kami…

Dari informasi yang kami dapat kalau mau ke Pulau Seribu bisa dari Marina Ancol atau dari Pelabuhan Muara Angke. Dari Marina Ancol biasanya kapalnya lebih bagus dan tentunya gak perlu menghirup polusi bau amis, catatan penting: Angke tu bauuu pisannn >.<. Tapi enaknya di Angke ini lebih banyak kapal-kapal yang ada untuk berangkat, dari Marina cuma keberangkatan pagi saja. Kami memutuskan untuk naik kapal dari Angke biar lebih aman. Katanya untuk pemberangkatan ke Pulau-pulau Seribu, seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dll ada 2 kali pemberangkatan (terutama kalau  hari libur), jam 07.00 dan jam 13.00. Kami mengejar keberangkatan kapal siang hari.

Tantangan berikutnya: nah lho, dari Bekasi bisa sampai ke Pelabuhan Angke gimana yaa?

Saya inget rute KRL ada yang sampai ke stasiun Angke. Akhirnya nekat juga kami berangkat. Jam 8 pagi perjalanan kami dimulai berbekal ransel bak Dora (tapi gak pake peta) dan perbekalan secukupnya. Di stasiun Bekasi kami cari kereta dengan jam berangkat paling cepat. Ternyata yang ada paling cepet kereta ekonomi, yawes ambil aja, cuma Rp1.500, kami bisa sampai di Stasiun Jatinegara. Setelah tanya petugas kereta untuk ke Stasiun Angke, kami bisa lanjut naik kereta yang ke arah Depok. Nanti kereta ini lewat ke Stasiun Angke (kami juga ga beli tiket lagi, murah banget kan Rp1500 bisa sampai ke Stasiun Angke, hehe.. Kalau yg AC harganya Rp6.500).

Udah sampai di Angke sebenarnya kami gatau ke Pelabuhan Muara Angke naik apa, modal muka tebal, nanya-nanya lagi, ternyata harus naik 2x angkutan umum, dari stasiun naik angkot merah, turun di perempatan Jembatan Dua, deket kok sebenernya. Lanjut naik angkot merah lagi yg jurusan Grogol-Muara Angke. Nanti si angkot ini berhenti terakhirnya di Pelabuhan. Baru deh udah kecium bau-bau “sedeeph” tandanya kita udah sampe.

Sekitar jam 10 kurang kami sampai di pelabuhan, kayak anak ilang, nanya-nanya lagi ini kemana yang tempat berangkat kapal, terus mana yang ke Pulau Tidung. Pas banget kami nemu kapal yang mau ke Tidung, loncat deh kami ke kapal, gak lama setelah pantat kami nancep di bangku kapal, eh kapalnya jalann… what a coincidence! Untung aja masih dapet kapal. Ternyata kalau long weekend gini mungkin keberangkatan kapalnya lebih banyak, jam 10 kita udah berlayar.

Perjalanan dengan kapal tradisional ini memakan waktu 2,5 jam, paling cepet 2 jam. Kalau dengan kapal lumba-lumba katanya sih lebih cepet. Tarif kapal ini Rp33.000 per orang. Enaknya pilih tempat duduk di atas atau di depan dek biar bisa liat pemandangan bagus selama perjalanan, lautnya tenang, ada burung, ada ikan yang loncat-loncat (gatau nama ikannya apa), cumaaa ati-ati panassss mataharii! bisa gosong ntar, pake sunscreen, sunblock, dan kacamata item sangat membantu (bukan gegayaan lho kacamata item teh). Oya bawa bekel minum sama snack, karena pasti kelaperan di jalan.

Sampai di sana, kami nyari-nyari homestay. Di sana penginapannya semua dari rumah penduduk. Ada yang nyewain kamar aja, ada yg rumah, ada yang paviliun kecil, banyak pilihannya. Kalau sama travel agen enaknya kita udah dianter dan disediain tempat, repotnya kita harus cari-cari ndiri. Sebelumnya kami udah telepon ke salah satu homestay di Tidung, random itu juga, liat di google, ada beberapa nama, dan akhirnya kami telpon ke Kautsar homestay (suami bilangnya, kayanya namanya Kautsar ini agak terpercaya deh, hehe). Alhamdulillah setelah nyari-nyari penginapan ini sampai sempet nyasar, akhirnya ketemu juga, bapaknya baik dan tempatnya juga oke. Ada AC, tv, kamar mandi, dan ruangannya luas lagi, sebenernya ini lebih cocok kalau untuk pergi rame-rame sama temen, soalnya lega dan bisa lebih hemat. Oya semalamnya Rp250.o00. Kami ga sempet survey untuk cari penginapan lain, udah cape, panas, dan ingin cepet-cepet maiiinn. Sebenernya kalau mo dicari lagi masih bisa dapet yang sesuai selera, ga usah takut kehabisan penginapan kok. Emang lebih amannya ya telepon dulu untuk booking sebelum sampai di sana.

Ga buang waktu, kami langsung cabut ke spot utamanya. Pantai, laut, jembatan cinta. Kami langsung ber-uwooohh-uwoooh-Subhanallah..

Di sana tersedia fasilitas permainan seperti banana boat, snorkeling, kano, motorboat, dan donat boat. Sebelum main, kami jalan-jalan dulu dehh.. Jembatan cinta itu puanjaaaang dan kalau liat view sekelilingnya bagusss banget, cuma ada beberapa kayunya yang rusak jadi harus hati-hati. jembatan utamanya ini suka dipake orang untuk loncat dari atasnya *kami belum coba*. Jembatan panjang ini berakhir di pulau Tidung kecil, di sana ada warung-warung makanan, jual kelapa muda, mie instan, dll buat ganjel perut setelah sampe di ujung jembatan. Di Pulau Tidung kecil ini kami lanjut jalan lagi, lumayan juga jauhnya, menembus dedaunan dan pohon-pohon, warna hijauuu.

Lanjut kita balik ke spot utama, ga tahan pengen basah-basahan akhirnya kami main banana boat. Tarif perorangnya Rp35.000 sekali naik dan dua kali diceburin, hehe. Ga lupa sempet juga naik kano Rp50.000/2 orang selama 30 menit. Banana boat ini banyak diminati, ga usah takut pas diceburin dari boatnya, kan pake pelampung :P. Pengen lanjut snorkeling tapi udah sore, sayang kalau sewa dari sore, karena jam sewanya cuma sampai jam 18.00. dan dengan Rp35.000 itu alat snorkeling bisa dipake sehariannn! Kami jadwalkan snorkeling besok pagi sampai puasss.

Sudah hampir magrib kami pun pulang ke penginapan, bersih-bersih, dan siap nyari makanaaaann: seafood sasaran kami. Tarif makanannya relatif ga mahal juga, satu porsi udang atau cumi Rp20.000, ada juga sate kedong-kedong, haha.. ini kami belum pernah coba. Kedong-kedong itu yang kaya gini:

ternyata bisa disate (isinya lho).

Besok paginya, rencananya pengen liat sunrise, tapi udah ditungguin ga kliatan, karena cuaca agak mendung juga sih. Oya di sini juga bisa sewa sepeda, lumayan biar ga capek jalan. Biaya sewanya cukup murah, seharian sampai besoknya cuma Rp15.000. Sampai di spot utama Pulau Tidung, kamipun siap snorkeling, walupun masih sepi. Katanya sih pemandangan bawah laut ini tetep telihat jelas di pagi hari.

Ini dia setelan snorkeling kami:

Kami cuma snorkeling di spot yang deket-deket sama pantai aja *maklum cupu*. Lagian kami juga ke spotnya jalan dan renang kok, ga pakai perahu segala. Pemandangan bawah lautnya subhanallah….. seperti di akuarium raksasa, ikan-ikannya indah, warna-warni, lucuuu.. ada karang dan biota laut lainnya, indahnyaaa.. pengen bisa difoto, sayang ga punya kamera tahan aer. Saya seneng bisa ngeliat ciptaan Allah di bawah laut, cuma saya suka rada parno, bisi ada hiu tiba-tiba muncul *kepengaruh nonton shark dan jaw, haha*. Oya hati-hati pas lagi jalan dan renang, kadang bisa kegores karang.

Setelah puas cuci mata di bawah laut, kami siap-siap pulang, walaupun ga tau jadwal kapal pulang, kami pede aja ke pelabuhan untuk cari kapal ke Angke. Ternyata jam 11 ada kapal yang berangkat, Alhamdulillah.. kami pulang, dengan rute yang sama dengan berangkat, naik angkot, dan naik kereta.

Hati senang walau badan pegal. Hati riang walau muka gosong, hehe.. Membolang bersama suami seru banget dah! Alhamdulillah. Kadang-kadang sesuatu yang ga direncanain malah bisa terjadi juga :).

About these ads

93 Comments

  1. berbagi pengalamn gan,,,,

  2. kunchen

    lumayan kk… jd ga bego bego banget stelah baca ini…. ^.^

  3. sri ibrahim

    Terima kasih infonya, sangat membantu sekali.. kebetulan mau pergi juga ke pulau tidung tanpa paket wisata….

    • Monika Oktora

      sip sip.. sama2.. @kunchen @sri ibrahim :D sukses main2nya yaaa

  4. Edwin

    waah raos pisan ini postnya,, mumpung liburan mau coba kesana. tapi apa setelah lebaran kapal kapalnya sepi yah? bisi ga dapet kapalnya :( nuhun pisan ibu dan bapa nya :D

  5. AWAN

    Thx gan, infonya membantu banget bwt gw yg mau pergi ke pulau tidung tanpa jasa travel :D

  6. bay

    masih simpan nmer homestay yang bisa disewainnya gak?
    bisa kali berbagi,,,makasih.,….

    • Monika Oktora

      @Bay wah ga nyimpen lagi ey maaf, coba aja digoogling, homestay2 yg ada di Pulau Tidung, bisa dapet banyak ko.

      • thomas sutiyo

        saya rencananya bln desember ini mau ketidung kl gk sah booking dl kira2 disana msh dpt penginapan gk?

  7. mantab… datail banged…….

    • Monika Oktora

      @thomas: masih dapet mas Insya Allah.. gugling aja penginapan di Tidung, banyak ko.. kadang ga booking jg ga masih bs dapet. tapi kalau tgl merah/musim liburan mending booking aja sblmnya

  8. wah … boljug ni ngeteng aja ndiri ke sana hehehe sip sip

  9. Reblogged this on and commented:
    Share Pengalaman Orang Laen untuk Nidung

  10. kalo untuk harga makanan di sana gimana ya, boleh dong kasih infonya juga

    • Monika Oktora

      harga makanan bervariasi, tapi masih sesuai ko, ga mahal2 amat. seafood berkisar di 20ribu-an.

      • nita

        klo penginapan yg 2 kamar atw 3 kamar ada?…
        biasanya kna berapa permalamnya yah.

        thx

  11. Tri ratno nur ikhsan

    mantap bgt dah… trimakasih infonya… hidup hemat nan menyenangkan,, :)

  12. mbaaaaa… kasih pencerahan dong kalo dari purwakarta naek bis gmana ? habis naek bis jurusan ke rambutan ,,terus dari rambutan ke angke naek apa ? :(

    • Monika Oktora

      waduhhh.. belom coba naik bis mbak.. apalg dari kampung rambutan.. coba cari terminal terdekat yg di angke

  13. arya

    mbak,penginapan kautsar itu modelnya 1 rumah ada banyak kamar apa masing2 rumah sendiri2?

    • Monika Oktora

      itu modelnya kaya kontrakan mini gitu mas. masing2 rumah sndiri, berjejer gitu ada 3 rumah semacem kontrakan. jadi ya.. lumayan nyaman-lah ga gabung sama pendatang lain dlm 1 rumah :D

  14. Nice detailed post niik :) Belom kesampaian euy main ke sana.. Next time I hope :)

    • Monika Oktora

      iya naadd.. harus dicobaa :D

  15. dhe' dhe

    naiiz info mbaaa..
    mba q mau tny info nya dunk…lebih murah nyebrang dr angke atau ancol ya mba..??

    • Monika Oktora

      kalo denger2 dari orang sih, katanya lebih murah nyebrang dari angke. dan waktu keberangkatannya lebih banyak. kalo dari ancol (dari marina) katanya kapalnya udah lebih bagus dan keberangkatannya cuma pagi aja *CMIIW

  16. mba aku mau tanya dong , untuk keberangkatan dari muara angke menuju p. tidung , kapalnya berangkat tiap jam berapa yaaa ?? lalu untuk pulangnya gimana mba ? maaf aku belum pernah kesana , mau coba berangkat sendiri nih hehe

    • Monika Oktora

      kalo yg saya tahu. kapalnya berangkat pagi, jam 6-7an.. tapi tergantung jg, kalau lg musim liburan, ada juga keberangkatan yg jam 9/jam 10/atau siang sekalian jam 1. cuma saya belum pernah survey utk yg keberangkatan siang. pulangnya juga sama, keberangkatannya ada yang pagi dan sore. lebih baik, begitu sampai, tanya aja sama org kapalnya, kira2 kapan kapal utk pulang dr tidungnya.

  17. erna

    waduh, jadi pengen ke tidung nih, mba klo dr penginapan ke jembatan cinta deket ato naik angkot lagi

    • Monika Oktora

      dekettt itu mah.. bisa jalan kaki aja.. paling enak sewa sepeda, atau bisa juga naik motor becak

  18. rima

    wah jadi gak usah pake agen travel yah kalo mau jalan ke tidung
    lebih murah, lebih bebas, lebih menantang dan gak perlu kantong tebel tebel amiiirr hahahah
    yaudah thx banget deh, insyaALLOH liburan panjang bulan depan kami sepasang pengantin muda mau coba ah jadi sibolang dan sibaling hehehe.. do’akan saya pemirsahhh…

    • Monika Oktora

      yapp! enaknya kita lebih bebas menentukan acara sendiri.. apalgi kalo sambil pacaran sama suami, hehee.. silahkan dicoba mbaaak, cukup menantang :D

  19. zibril

    wah nice info hari jum’at langsung brangkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat

  20. mbaaaaaaaaaak thankyou infonya … aku udah ke tidung tanggal 8-9 kemaren :* sate kedong2nya ngangeninnn <3 <3 <3

    • Monika Oktora

      @realittha wahhh selamaaatt.. jadi pengalaman seru kaaan??

  21. mba monic oktora kapan lagi ketidungnya di tunggu kedatangannya lagi

  22. cherdio

    Mantap petualangannya.
    Ada kontak yang bisa dihubungi di pulau tidung?
    Terima kasih.

    • Monika Oktora

      @Cherdio wah ga nyimpen lagi ey maaf, coba aja digoogling, homestay2 yg ada di Pulau Tidung, bisa dapet banyak ko.

  23. hilman

    makasih infonya,,, enak jalan sendiri ya bisa bebas……

  24. seru banget mbak :D pulang banana boat kaki langsung pegel2 !!! pengen kesana lagi buat snorkling sama nyebrang ke P.Tidung kecil, pas kami kesana jembatannya 100% ga bisa d pake karena ga ada papannya sama sekali. disana orangnya ramah2, harga2 disana pas d kantong juga :D pemandangannya subhanalloh indah banget walaupun disayangkan disana banyak sampah, kasian pulaunya :(

    • Monika Oktora

      hehehee sippplaaahh mbaaak. Wah sayang jembatannya lg dalam perbaikan yaa.. mudah2an pas kesana lg, udah makin bagus yaa pulaunya dan ga banyak sampah juga

  25. Halo mba salam kenal, mau tanya berapa biaya semuanya per org mba?thx

    • Monika Oktora

      hmmm.. tergantung yaa.. kalo buat transportasi PP ke sana 60-70ribu-an. Sewa penginapan macem2 ada yg 150-250rb/malam, yaa trgntg brp org yg ikut, ntr bisa bagi2 kan.. kalo makan di sana antara kira2 >15ribu lah.. lbh enak lg kalo bisa bawa rantang dr rumah, kan hemat

  26. hardian

    permisi.
    boleh minta no hp penginapan yang kamu sewa..?
    email : wm.hardian@ymail.com

    • Monika Oktora

      @Hardian: wah ga nyimpen lagi ey maaf, coba aja digoogling, homestay2 yg ada di Pulau Tidung, bisa dapet banyak ko.

  27. perjalanan dari bogor k sana kira” berapa jam?
    cukup g ya klo cuma 1 hari

    • Monika Oktora

      wah blm prnh coba tu dari bogor ke Tidung. tapi kayanya sehari kurang puas deh, belum makan waktu di jalannya, sehari semalam baru cukuplah

  28. mbak harga tiket ke pulau tidung atau pulau lainnya berapa seperti pramuka. terus beli tiketnya di atas kapal apa ada loket sebelum naik ke kapal. he..pertanyaan dasar banget ya he..maav….terus berarti kita banyak tanya donk disana kalo mau ketempat jembatan cinta dan lainnya, kan kita gak tau daerah sana….

    • Monika Oktora

      @Andrialvaro: waktu itu sih kita ditagih ongkos naik kapalnya pas udah naik kapal, jadi kaya ada keneknya gitu yg nagihin.
      Wah ga perlu bingung salah jalan/nyasar, soalnya kemana2 deket. ke jembatan cinta tinggal ngikutin jalan setapaknya aja, ntr juga sampai ko :D

  29. uwookh mantep nih mba…:D saya juga kepengen pergi ke pulau2 kaya pulau bidadari or pulau tidung, tapi blm pernah…kalo lewat travel agen kayanya kitanya gk bebas mau kmana2 ya mba…sebenernya suami saya sih yg kepengen…:D kalo ke pantai / Ancol mulu dah bosen kita -_- secara kita kan tinggal dijakarta :D jadi makasih banget infonya loh mba ;)

  30. oya mau tanya kalo naek kapal beli tiketnya dimananya mba? dipelabuhannya atau nanti didalam kapalnya kita dimintain ongkos mba? hehe :D

    • Monika Oktora

      @Laila langsung naik kapal aja, tanya tujuannya ke pulau apa. nanti bayarnya pas udah di kapalnya mbak, ditagih sama semacam keneknya

  31. inspiring…thanks

  32. wah boleh juga pengalaman “bang-bong” kaya gini…
    tks yaa sist..

  33. mario

    kami menyediakan jasa travel pulau tidung semibackpacker gan …
    biaya murah meriah dijamin ga bikin kantong bolong …
    buat yang berminat bisa hubungi saya di C.P : 088990075109 a.n Mario
    makasih gan …

  34. unud

    thankss kaka informasinya (y)

  35. nita

    tolong info penginapan yg 2/3 kamar dong ?…
    sekalian biaya permalamnya…

    • Monika Oktora

      wah kurang tau mbak untuk yg 2-3 kamar.. pasti ada sih,, bisa googling dulu, atau nyari on spot di pulaunya juga bisa. biaya per malam bervariasi kok, tergantung fasilitas

  36. mau tanya mba, kalo dari bandung awalnya naik apa? bis apa kereta?
    dan selanjutnya gimana?

    • Monika Oktora

      bisa naik kereta, turun di stasiun jatinegara atau gambir. dari sana naik KRL yg ke stasiun angke (bisa tanya sama petugas keretanya), dari stasiun angke tinggal ikutin rute saya di atas deh :D.

  37. arist

    anjrit, .,. keren teh,.,. pengen siih .,.,. udah punya ongkos.,.,. modal nekad jga udah punya… cma gk da temen teh.,.,. :(

    • Monika Oktora

      iyaaa lebih enak nekad2an sama temeen.. ayo ajakin temen2nnyaa ajaa :D

  38. MULYADI SAID

    kalo dari tanjung pasir , Tangerang ada gak yaa kapal yang ke Pulau Tidung..???…soalnya kalo dari Angke saya terlalu jauh….mohon info nya , makasih mbak…

    • Monika Oktora

      wah setahu saya kalau kapal pemberangkatan ke Tidung itu cuma dari Angke atau dari Ancol mas..

  39. perjalanan yang seru gan.salam kenal dari pulau tidung,semoga nanti kembali lagi ke tidung,thanks

  40. january

    mbak ,kalo bawa mobil sendiri parkirnya di mana ya? amankah?

    • Monika Oktora

      ke pelabuhan muara angke nya? bisa sih kayanya, waktu ke sana saya lihat ada parkiran khusus/nginepin mobil. tapi kurang tau aman apa gaknya, heu

  41. pingin ngebolang kesana juga dalam waktu dekat ini. semoga terwujud, drpd jauh2 ke Bali.

    • Monika Oktora

      btuuul! lebih hemat budget, tapi seneng2nya juga dapet :D

  42. liviaelnito

    Mba kalo misalnya kejembatan cintanya itu bisa naik sepeda? Terus , abis turun dari kapal kita naik angkot/kendaraan lg ga untuk ke pengenginapan/ke jembatan cinta

    • Monika Oktora

      bisa banget! emang banyaknya pada naik sepeda ko, atau naik becak-motor.. habis turun dari kapal jalan aja ke penginapannya, ga jauh kok.. jalannya sempit2 juga, jadi ga ada angkot/mobil seliweran :P, paling sepeda ama motor aja

  43. eka

    mba serius kan ada kapal yang jam 1 siang?

    • Monika Oktora

      waktu itu sih saya ada.. jam 11 tapi bukan jam 1. Katanya ada kloter siang kalau lagi masa liburan. kalau hari biasa kurang tau juga ada kapal yg berangkat atau ga :D

      • indri

        perjalanan dari angke ke tidung brp lama ya mba’ ? tq

  44. Jembatan cinta Pulau Tidung sudah selesai di perbaiki.
    Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

    • Monika Oktora

      mbak @indri dari angke-tidung kira2 3-4 jam pakai kapal biasa

  45. Terima kasih infonya,…
    Setelah membaca info dari blog anda ” http://moniqblueprint.wordpress.com/2012/04/17/membolang-ke-pulau-tidung/” and “http://www.tipswisatamurah.com/2012/10/info-daftar-penginapan-homestay-di.html” di tambah route perjalanan dari ps.minggu ke pelabuhan M.Angke dengan bantuan paman Google (G Map) maka saya dan keluarga langsung meluncur ke P.Tidung via M.Angke.
    Oh ya saya menanfaatkan salah satu home stay dari daftar yang ada di atas, dalam hal ini penginapan Audi dengan contak person saudara Bustani no HP 085814606857…
    Pelayanan dan harga yang di tawarkan cukup kompetitif dengan hasil yang kita dapatkan…

    eko2205@gmail.com

  46. ade

    Thank atas infonya

  47. ismail

    afdan tour
    Menyediakan Penginapan di Muara Angke, bagi anda yang tinggal di luar jakarta,
    Tujuan nya agar tidak ketinggalan Kapal Motor.
    1 Room dapat di gunakan utk 4 orang dengan Harga Rp.150.000,-
    info 081284548804 PIN 27FCB35F

    • lovie

      Kalo penitipan mobil adakah?

  48. yenikyuvel

    Reblogged this on yeniclfcuzyejun and commented:
    :* Waw pulau tidung

  49. Pulau tidung memang sudah menjadi pulau wisata yang mengasikkan, selain banyak keindahan disana juga banyak keanekaragaman permainan. Salam kenal

  50. Hallo Mba,,
    aku baru baca ni postnya.. pas banget aku bulan depan mau kesana. Tau gak harga kapal yang nawarin pergi ke pulau lain?
    makasih :)

    • Monika Oktora

      Waduh saya kurang tau kalau ke pulau lain.. Tapi hrsnya sih ga jauh beda :)

  51. dhl

    mba, saya mau ke tidung, tapi saya mau seharian aja, kira-kira bisa gak yah kalo via muara angke??

    • Monika Oktora

      Bisa mbak via muara angke.. Kalau mau PP seharian paling prgi subuh.. Ntr pulang dr tidungnya ikut kapal sore *saya kurang hapal tapi jdwl kapal sorenya jam brp*

  52. Jembatan cinta tidung sudah selesai di perbaiki, sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

  53. yui

    kalo mau pulang hari nitipin barang2nya dimana yahh ?? maklum masi cupu,, haha

    • Monika Oktora

      hmm.. di mana ya? mgkn bisa di penginapan,, sewa aja satu kamar utk seharian, utk nyimpen barang2 atau utk istrht. bisa udunan sama yg lain, pasti lebih murah..

  54. terimakasiihh info nya gann.. besok saya dan teman2 ber6 akan modal nekat ke tidung tanpa travel wkwkwk

  55. lovie

    Wahhh sempet bingung nyari2 info ke pulau tidung,,,makasih banyak ya gan,,,bt2 kalo bawa mobil ada penitipannyakah d sekitar angke atau marina???plisss infonya,,,tengs a lot

    • Monika Oktora

      kalo di marina kurang tahu, kalo di angke sepertinya ada, soalnya waktu terakhir ke sana saya lihat banyak mobil2 traveller yg diparkir di suatu area parkiran,, cuma saya blm pernah coba juga sih parkir mobil di situ bgmn prosedurnya

  56. Bila Tahun baru dan Libur Hari Raya, sebaiknya menggunakan jasa Agen Wisata karana penginapan biasanya penuh sebulan Sebelumnya. Sekedar Info..

  57. didit

    wah bsa utk referensi nich….bosen ke gunung euy…
    mkasih mas&mbak…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 623 other followers

%d bloggers like this: